Muhamad Ibrahim ( BAIM )
 
Pengenalan
YAHOO MESSENGER!
Daftar Blog Lainnya
Otto Biografi
UNIVERSITAS
Alexa Rank

Pembahasan Sedikit Mengenai Update Bios Asrock B450

Pembahasan Sedikit Mengenai Update Bios Asrock B450
Selamat pagi semuanya..
kembali dalam rutinitas yang membosankan di penghujung tahun, kali ini saya akan membahas sesuai judul spesifik di Asrock B450 Steel Legend. Sebelum itu mungkin kalian berfikir kenapa di tulisan saya saat ini dan  sebelumnya sering membahas mengenai AMD, Ryzen dst itu karena di tahun 2019 saya merakit PC dari platform tersebut dan menemukan banyak kendala saat proses mainten. banyaknya parameter yang harus di perhatikan menjadi kendala saya saat itu, berbeda dari generasi sebelumnya khususnya dari seri AMD FX yang tidak perlu memperhatikan detail spesifik, khusus di Ryzen anda mungkin akan menemukan kendala-kendala yang sebelumnya tidak anda temukan. Kembali ke topik, sebelum membahas mengenai update bios penting untuk mengetahui tentang AMD AGESA istilah update AMD untuk peningkatan performa melalui metode ini.
 
Apa itu AMD AGESA? 
 
AGESA (AMD Generic Encapsulated Software Architecture)  adalah sebuah modul firmware yang berisikan berbagai macam fungsi atau tools tertentu yang nantinya diterapkan oleh vendor motherboard kedalam “Update BIOS” dari masing-masing motherboard rancangan mereka. Nantinya, update AGESA tersebut akan berperan dalam penggunaan fungsi prosessor seperti “Core Processor”, Memory Controller dan Hypertransport Controller (Yang semenjak Ryzen™ hadir berganti menjadi Infinity Fabric).
 
Dan kini, AMD menghadirkan update versi terbaru AGESA untuk prosessor terbaru secara berkala yang nantinya akan digunakan vendor motherboard sebagai update untuk BIOS dari produk motherboard mereka. Pengguna yang telah melakukan update BIOS berisikan update AGESA didalamnya, biasanya akan mendapatkan dukungan untuk menggunakan prosessor terkini berdasarkan socket yang digunakan, serta mendapatkan peningkatan performa bahkan stabilitas melalui beberapa fitur tambahan serta penurunan latency. --Sumber : Amd Indonesia
 
 
Nah setelah membaca tentu kalian sudah memiliki gambaran seberapa penting untuk update Bios bukan? Dalam halaman resmi Asrock untuk seri B450 Steel Legend ada notifikasi yang cukup membuat ragu untuk melakukan update,-
 
1
 
 
Sesuai gambar yang saya capturekan, terdapat notifikasi peringatan yang cukup menggelitik membuat orang yang menggunakan mobo ini mungkin akan berfikir berkali-kali untuk update. Sebenarnya notifikasi seperti ini berbeda-beda di setiap platform motherboard contohnya MSI yang saya temukan tidak memberikan notifikasi seperti itu. Bermodalkan nekat saya mencoba untuk update AGESA dari V2.30 ke V3.20 proses yang sedikit agak lama dan berharap cemas agar listrik tidak padam proses update pun selesai. Pada update ini ada perubahan sedikit dari sisi peletakan menu yang kurang saya suka akhirnya memutuskan untuk flash bios kembali ke versi sebelumnya yaitu V2.70. Sesuai dengan capture diatas flashback bios ke versi V2.70 berhasil dan tidak menemukan kendala yang berarti, disini saya sedikit lupa berapa banyak versi yang saya flashback tapi dari beberapa versi tersebut semuanya berhasil. 
 
Kesimpulan..
 
1. Penting untuk melakukan update apabila dirasa sistem yang anda gunakan mengalami kondisi stabilitas sistem yang bermasalah dan pergantian jenis procesor yang lebih baru
2. Selalu membaca term and condition sebelum melakukan update
3. Tidak perlu melakukan pembaruan setiap versi bios terbaru muncul
4. Persiapkan doa dan mental karena saya sendiri tidak tahu apa yang akan terjadi apabila update bios mengalami kegagalan, contohnya mati listrik dsb.
 
Mungkin sekian yang bisa saya bagikan kepada anda semua, sampaikan komentar anda dibawah mengenai apa saja pengalaman anda selama menggunakan platform AMD khususnya di seri Ryzen..
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Senin, 30 Desember 19 - 12:04 WIB
Dalam Kategori : AMD, MOTHERBOARD, ASROCK
Dibaca sebanyak : 327 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback