Muhamad Ibrahim ( BAIM )
 
Pengenalan
YAHOO MESSENGER!
Daftar Blog Lainnya
Otto Biografi
UNIVERSITAS
Alexa Rank

Mengenal Istilah Vsync, Refresh Rate, FPS, & anti-aliasing

Mengenal Istilah Vsync, Refresh Rate, FPS, & anti-aliasing

Bagi anda yang sering bermain game tentu saja anda sudah tidak asing lagi mendengar istilah setting games diatas, yups bagi sebagian orang termasuk saya ada beberapa istilah yang memang tidak kita mengerti fungsinya untuk apa seperti Vsync & Anti-aliasing. Sesuai judul diatas kali ini saya akan memaparkan satu persatu apa itu "Vsync, Refresh Rate, FPS, & anti-aliasing".

 

 

Vsync : VSync adalah singkatan dari Vertical Synchronization. Berfungsi untuk me-LOCK fps ke angka Refresh Rate monitor anda. Misal monitor anda set di refresh rate 60Hz, maka fps akan locked di max 60fps saja. Min dan average fps bisa bervariasi. 

 

Side effect positive dari VSync adalah hilangnya TEARING, yakni garis horizontal yang kerap muncul di beberapa games. Lalu side positive lain adalah kenyamanan mata, tentu ini untuk game-game yang berjalan ratusan fps di PC anda. Daripada anda nanti mabok 3D karena gambar tampil lebih cepat daripada control, sebaiknya anda nyalakan VSync. 

 

 

Refresh Rate : Kecepatan Menampilkan Citra. Adalah kecepatan munculnya citra pada display LCD atau CRT. Makin cepat tampil, makin stabil kemunculan citra bagi user. Dalam monitor teknologi CRT, refresh rate adalah berapa kali image(gambar)dalam tampilan tiap detiknya. Jika monitor CRT mempunyai refresh rate 72 Hz,maka putarannya melalui semua pixel dari atas ke bawah sebanyak 72 kali per detik. Refresh rate sangat penting karena mengontrol kedipan. Putaran perdetik yang terlalu sedikit dan akan didapatkan kedipan yang menyebabkan sakit kepala dan ketegangan pada mata. 

 

 

FPS : FPS singkatan dari frame rate per second. Adalah jumlah gambar bergerak yang tersaji di monitor dalam satu detik. Makin tinggi angka fps-nya, semakin mulus gambar bergeraknya. Game dan film biasanya tinggi fps-nya. Frame rate menggambarkan berapa banyak gambar yang diselesaikan oleh kartu grafis dan ditampilkan dalam frame pada setiap detiknya. 

Games , images ,Movies itu sudah smooth dan enak dinikmati di range fps 25-30. 

Untuk mengecek berapa FPS yang anda dapatkan, bisi menggunakan software yang namanya fraps 

 

 

anti-aliasing : Anti-aliasing dalam pemrosesan sinyal digital adalah teknik mengurangi artifak distorsi dalam merepresentasikan sinyal resolusi tinggi pada resolusi yang lebih rendah. Artifak distorsi disebut aliasing. Untuk mudahnya, agar supaya memperhalus gambar.

Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Kamis, 27 Maret 14 - 21:50 WIB
Dalam Kategori : GAMES
Dibaca sebanyak : 5695 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback