Muhamad Ibrahim ( BAIM )
 
Pengenalan
YAHOO MESSENGER!
Daftar Blog Lainnya
Otto Biografi
UNIVERSITAS
Alexa Rank

Memperbaiki VGA Rusak No Display

Selamat pagi para pembaca yang budiman, pagi ini saya akan menceritakan perjalanan menemukan tukang service Vga yang menurut saya sejauh ini rekomended. Berawal dari menjalankan Vga menggunakan PSU yang "abal-abal" singkat cerita 2 hari berlalu tiba-tiba mengalami kendala no display alias layar blank hitam tidak memuncul kan apa-apa. Saat kejadian tersebut saya sudah menduga bahwa penyebabnya pasti karena PSU yang tidak bersertifikat sehingga terjadi kerusakan pada komponen. Selang beberapa waktu lamanya Vga tersebut saya terlantarkan dan baru di bulan ini saya coba bongkar untuk mengetahui kira-kira bagian mana yang rusak. Setelah coba melihat, searching google dan yutube saya menyimpulkan bahwa kerusakan tersebut kemungkinan besar ada pada IC fuse / IC Regulator / Mosfet yang rusak akibat impact dari penggunaan PSU yang tidak bersertifikat. Mengetahui hal tersebut, saya langsung mencari part komponen tersebut di marketplace lokal maupun luar mencari Multitester/Avometer dan perlengkapan solderpun tak luput saya cari. Setelah menghitung cost yang harus saya keluarkan berkisar 200-300 ribuan, dengan hati yang ragu saya coba menimbang kembali apakah harus diperbaiki sendiri atau kah mencari alternatif lain dan sampai pada kesimpulannya ini tidak sepadan!. Mungkin kalian sependapat dengan saya atau memiliki alasan lain, semuanya kembali kepada anda. Kembali ke topik, Memutuskan untuk mencari teknisi yang dapat memperbaiki Vga mulai dari forum Kaskus, googling dan yutube akhirnya menemukan "AMC REPAIR WIRELESS & VGA" terakhir saya cek keyword tersebut hanya mendapatkan 3 ulasan saja, sangat sedikit sekali bukan?, singkat cerita dengan rasa ragu dan tanpa banyak tanya setelah berkomunikasi via WA saya langsung kirim kan Vga tersebut --13/12/2019. Keesokan harinya saya sudah mendapatkan kabar bahwa Vga sudah normal kembali dan sedang dilakukan pengetesan terlebih dahulu. 16/12/2019 saya menghubungi kembali dan Vga sudah siap di kirim kan. Hari ini 17/12/2019 setelah saya gunakan untuk bermain game dan kesimpulannya Vga ini sudah hidup dan berjalan normal kembali. Senang sekali rasanya :D Alhamdulilah.. 
 
Nah jika kalian memiliki pengalaman lain bagikan kepada kami dan rekomendasikan teknisi yang menurut kamu layak untuk di coba. 
 
 
NOTE : Review ini murni dari saya pribadi selaku pengguna dan tidak terafiliasi apapun.
 
 
Berikut sekedar tips untuk membeli Vga baru maupun bekas : 
1. Wajib gunakan selalu PSU berkualitas yang sudah mendapatkan sertifikat minimal 80+ terutama untuk Vga bekas
2. Pilihlah selalu garansi distributor resmi dan baca selalu trems & condition sebelum menentukan Vga apa yang akan kamu ambil.
3. Membeli Vga bekas tentu bukan pilihan yang buruk untuk budget terbatas, yang perlu di perhatikan adalah penampilan fisik Vga tersebut apakah ada komponen yang terbakar, korosi, atau cacat fisik yang mengindikasi kan Vga tersebut bermasalah di kemudian hari. Selain itu bios pada Vga perlu di perhatikan apakah sesuai spesifikasi atau tidak. Lakukan pengujian stress test menggunakan furmark dan sejenisnya. Selalu meminta garansi personal sesuai kesepakatan bersama.
4. Dalam membeli Vga bekas, kamu tidak dapat melihat apakah Vga tersebut bekas mining atau pemakaian normal yang perlu di perhatikan sesuai dengan point no.3
5. Membeli Vga bekas wajib perhatikan suhu. Batas aman Max suhu yang dapat di capai biasanya sudah di cantumkan di website masing-masing jika di rasa suhu tidak normal gantilah thermal pasta.
 
Silahkan komen dibawah tips kalian berdasarkan pengalaman apa saja yang perlu di perhatikan dalam membeli Vga baru mamupun bekas.. ^_^
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Selasa, 17 Desember 19 - 13:19 WIB
Dalam Kategori : VGA, AMD
Dibaca sebanyak : 351 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback