Muhamad Ibrahim ( BAIM )
 
Pengenalan
YAHOO MESSENGER!
Daftar Blog Lainnya
Otto Biografi
UNIVERSITAS
Alexa Rank

AMD, CPU Tidak Berjalan Full Speed

Selamat siang para pembaca sekalian, disini saya akan menceritakan sedikit permasalahan yang terjadi ketika saya baru membeli CPU bekas dengan platform AMD dan mencoba sedikit meng-overclock agar performa clock yang dihasilkan berjalan secara maksimal dengan spesifikasi :
 
- CPU AMD FX 6300
- Motherboard MSI 970a
- Radeon RX 470
 
Permasalahan bermula ketika mencoba untuk bermain game far cry 5 dengan fps yang dihasilkan 27-33 FPS dengan settingan medium dan high, barulah terasa ketika masuk pada settingan ultra game semakin tidak playable untuk dimainkan. Saat itu tidak ada kecurigaan apapun karena bermain RE 7 sangat lancar dengan rata-rata 48 FPS. Karena hasilnya tidak sesuai espektasi saat membeli CPU ini penasaran akhirnya mencoba untuk overclock CPU dari kondisi default 3.5Ghz menjadi 4.2Ghz dan berhasil booting masuk ke windows. Setelah itu langsung melakukan pengecekan kembali untuk memastikan base clock sudah berubah ke 4.2Ghz dengan membuka DXDIAG dan table properties. Setelah itu dilanjutkan pengujian strest test dengan Prime95 dan hasilnya?
 
1
(Gambar Contoh di ambil dari forum linus tech tips)
 
 
Seperti yang dapat di lihat, ke-6 core berjalan full load 100% dengan suhu temp yang saya dapatkan maks 21'C dengan lama pengujian -+15 menit. Saat membuka task manager keanehan pun semakin jelas clock hanya berjalan < 1.4Ghz mentok full load. Cek CPU Z pun sama. Kesimpulannya game tidak optimal karena clock speed dibatasi maks 1.4Ghz.
 
 
Setelah mencoba mencari solusi dari berbagai forum yang ada akhirnya menemukan case yang sama dengan CPU yang digunakan pun sama hahaaa (kebetulan sekali) Setelah membaca respon yang diberikan akhirnya sang TS lah yang menemukan jawabannya. Masalahnya ada pada tombol "Slow Mode" yang ada di Motherboard dalam posisi Enable. inilah yang membuat kerja CPU di limit se-rendah mungkin dalam kasus saya yaitu 1.4 Ghz.
 
 
1
 
 
Tanpa berfikir panjang saya langsung ingat Motherboard yang digunakan yaitu MSI 970a terdapat tombol "Slow Mode" setelah di kembalikan ke posisi Default akhirnya processor dapat bekerja up to 4.1Ghz
 
1
Format Lainnya : PDF | Google Docs | English Version
Diposting pada : Rabu, 21 Agustus 19 - 16:00 WIB
Dalam Kategori : AMD
Dibaca sebanyak : 91 Kali
Tidak ada komentar pada blog ini...
Anda harus Login terlebih dahulu untuk mengirim komentar
Facebook Feedback